Fayakhun Andriadi Bicara Kemudahan Dunia Digital

Fayakhun Andriadi adalah kader Partai Golkar yang saat ini dipercaya melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat di DPR RI. Internet sebagai sebuah alat, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia saat ini. Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. Dari anak kecil hingga orang dewasa mahir atau setidaknya mengerti tentang apa itu internet. Bahkan, untuk beberapa hal, mereka yang sudah berada di usia tidak produktif pun masih “dipaksa” untuk mempelajari benda yang satu ini.

Fenomena dunia digital ini juga berpengaruh terhadap dunia politik terutama menyangkut masalah komunikasi politik. Dalam komunikasi politik, akses internet mampu mengkomunikasikan pesan dan aspirasi masyarakat bawah melalui jaringan sosial atau situs informasi yang dimiliki oleh partai politik, politisi ataupun penguasa, tanpa harus melalui tahap-tahap yang panjang, berliku dan cenderung birokratis.
Fayakhun Andriadi Bicara Kemudahan Dunia Digital


Menurut Fayakhun Andriadi Kemudahan yang dimiliki oleh internet memang memudahkan para politisi dalam melakuan komunikasi. Hal ini, juga pernah disampaikan oleh Fayakhun Andriadi yang menyoroti dunia digital khusunya internet telah menyediakan peluang  tersendiri termasuk terhadap dunia politik. Sebagai peluang, akses internet menggeser paradigma tradisi yang dibahasakan dalam istilah elektronik sebagai analog-oriented menuju digital-oriented.

Kita contohkan di dunia administrasi publik misalnya. Pandangan manual-oriented masih menggunakan kertas sebagai satu-satunya alat untuk melakukan pencatatan. Proses verifikasi data yang dilakukan juga melalui taahdapan manual. Sehinggga, wajar jika kita sering mendengar keluhan dari masyarakat yang menyayangkan proses birokrasi yang rumit. Sebenarnya kita sama-sama maklum, bahwa kevalidan sebuah dokumen memang harus diverifikasi agar tidak terjadi penyewengan atau pemalsuan data.

 Namun, cara penangan yang manual memerlukan waktu yang nisbi lama. Belum lagi jika proses verifikasi data yang dilakukan harus melalui beberapa tempat dengan jarak yang tidak dekat. Ditambah lagi, jika penyimpanan data juga  masih dilakukan secara manual, proses pencarian data dari dokumen yang sudah tersimpan juga memerlukan waktu tersendiri.


Jika proses pengelolaan data tersebut di atas sudah dilakukan secara digital, atau tadi kita sebut dengan istilah digital-oriented, proses pengelolaan data bisa dipersingkat. Maksud kata dipersingkat di sini bisa dalam bentuk yang sangat jauh. Jika menggunakan cara digital, proses pencatatan atau pencarian data yang semula berhari-hari bahakan berminggu-mingu hingga berbulan-bulan bisa dipersingkat menjadi hitungan jam atau menit. Selain itu, kita juga bisa ikut menjaga lingkungan dengan mengurangi konsumsi kertas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fayakhun Andriadi, Pemenangan Risma di Surabaya

Belajar Gagasan Politik Fayakhun Andriadi

Fayakhun Andriadi dan Revolusi Internet